Home » [:en]Greetings from Head[:]

[:en]Greetings from Head[:]

[:en]Alhamdulillah, senantiasa kami panjatkan ke hadirat Allah Swt. Karena berkat karunia, hidayah, petunjuk, dan rezeki-Nya, kelompok keahlian kewirausahaan program studi Administrasi Bisnis Universitas Telkom mengembangkan sebuah web ini.

Kewirausahaan berasal dari kata dasar wirausaha dan wirausaha terdiri dari 2 kata yaitu, kata pertama “wira” berarti kesatria, pahlawan, pejuang, unggul, gagah berani, kemudian kata kedua “usaha” yang berarti bekerja, melakukan sesuatu. Dari definisi tersebut kewirausahaan merupakan karakter, sikap, perilaku dari seorang kesatria, pahlawan, pejuang, unggul dan berani dalam bekerja/melakukan suatu kegiatan bisnis yang komersial dan non-komersial. Seorang sosiolog yang bernama David McCleland berpendapat bahwa, apabila sebuah negara ingin menjadi makmur, minimal sejumlah 2% dari prosentase keseluruhan penduduk di negara tersebut menjadi wirausahawan.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, rasio kewirausahaan Indonesia tahun 2013, rasionya 1,67% 3 tahun kemudian naik menjadi 3,1% (3,7 juta wirusahawan) pada 2016 dari penduduk Indonesia 252 juta orang, maka dibutuhkan 4,8 juta wirausahawan. Capaian Indonesia masih lebih rendah dibandingkan negara-negara tetangga. Malaysia misalnya, sudah mencapai level 5%. Sementara itu, rasio Singapura telah menyentuh 7%, China 10%, Jepang 11%, dan AS 12%. (Ciputra, 2017, Wirausahawan Mesti Punya Wawasan Jangka Panjang diambil dari http://industri.bisnis.com/read/ 20170823/12/683383/ciputra-wirausahawan- mesti-punya-wawasan-jangka- panjang- diakses 30-11- 2017)

Kelompok keahlian kewirausahaan berusaha menumbuh kembangkan khazanah keilmuwan kewirausahaan agar bangkit semangat nasionalisme dan daya saing masyarakat dan bangsa Indonesia dalam perekonomian dunia, terutama mahasiswa, untuk ikut menciptakan lapangan kerja dengan berwirausaha, tidak hanya menjadi pencari kerja.

Para dosen dalam kelompok keahlian kewirausahaan mengemban misi melaksanakan tridharma perguruan tinggi dengan dilandasi semangat penanaman spririt, sikap dan karakter kewirausahaan, besar harapan dapat memotivasi mahasiswa untuk melakukan kegiatan kewirausahaan, sehingga muncullah wirausahawan-wirausahawan baru.[:]